KKL DI JAKARTA-MONAS

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas) dibangun di areal 80 Hektar= 800.000 m2. Tugu ini dirancang oleh R.M Soedarsono dan Frederich Silaban, dengan konsultan Ir. Rooseno. Monas mulai dibangun pada tanggal  17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli  1975.

Pembangunan tugu Monas bertujuan untuk mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan tahun 1945, agar bangkitnya inspirasi dan semangat patriotism generasi saat ini dan mendatang. Tugu Monas yang menjulang tinggi ini dan melambangkan lingga ( alu/anatan ) yang penuh dimensi khas budaya bangsa Indonesia. Bentuk tugu peringatan ini sangat unik. Sebuah Batu Obelisk yang terbuat dari marmer yang berbentuk lingga yoni symbol kesuburan ini tingginya 132 m.

Cawan yang menopang berbentuk nyala obor perunggun yang beratnya 14.5 ton dan dilapisi emas 35 kg. Obor ini sebagai symbol perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaan. Pelantaran puncak dengan luas 11 x 11 m dapat menampung sebanyak 50 pengunjung. Pada sekeliling badan elevator, terdapat tangga darurat yang terbuat dari besi. Dari pelataran puncak Tugu Monas, pengunjung dapat menikmati pemandangan seluruh kota Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s